Rabu, 06 Mei 2015

mengajar pembelajaran pkn pertama kali di sekolah dasar


Seandainya Mengajar Pertama Kali Tentang Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar

          Seandainya saya mengajar pertama kali di sd tentang pembelajaran PKN ,yang pasti saya akan terapkan kepada siswa saya untuk  menanmkan tentang disiplin dalam hal apuan,menghargai orang lain, menanamkan sikap dan prilaku yang baik,dan menghormati  guru,orang tua , teman dan orang yng lebih tua.
Kekita dalam proses pengajaran, yang saya lakukan mesebelum mengajar adalah,saya harus mengetahui terlebih dahulu materi yang ingin diajarkan  kepada peserta didik,lalu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) agar pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dari kegiatan awal belajar sampai akhir pembelajaran.
         Setelah rpp sudah dibuat lalu saya menyusun strategi ,model,metode, dan mediaapa yang cocok untuk materi yang saya ingin sampaikan kepada peserta didik agar strategi,model,dan metode sesuai dengan materi terersebut.lalu menyusun langkah-langkah penerapan dari strategi,model,metode,dan media didalam materi yang diajarkan.
         Setelah rancangan tersebut telah dirancang dan disusun dengan baik maka selajutnya saya menyiapkan atau mempersiapkan diri saya uantuk memulai pengajaran .tidak terlambat masuk kelas,dan mengusahakan diri 5-10 menit sebelum masuk pelajaran saya sudah datang didalam kelas untuk mempersiapakan hal-hal yang diperlukan ,seperti media yang ingin digunakan dalam pembelajaran (jika menggunakan media seperti  leptop dan LCD),agar pembelajaran lebih kondusif dan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.
         Dan selajutnya adalah kegiatan pembelajaran dikelas dari awal hingga akhir pembelajaran yang sudah dirancang di RPP,ketika diawal pembelajaran saya ingin membiasakan dengan mengawali pembelajaran dengan mengucap bismillah dengan diakhiri dengan Alhamdulillah,menanyaka kabar siswa,dan  lalu mengabsen sisawa  satu persatu,mengajak siswa untuk membuka pembelajaran dengan menunjuk siswa untuk memimpin(tujuannya agar siswa semangat,tidak nagntuk dan konsentrasi).setelah kegiatan awal sudah dilakukan,selanjutnya memasuki kegiatan inti yaitu membahas materi apa yang ingin dipelajari pada hari itu,dengan menerapkan strategi,model,metode,dan media yang sudah dirancang .diharapkan siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik,lalu memberikan tugas individu atau kelompok sesuai dengan rencana yang sudah saya rancang di RPP.contohnya saya menggunankan strategi PBM(Pembelajaran Berbasis maslah),modelnya menggunakan model example non example,metodenya diskusi dan demostrasi.
         Setelah kegiatan awal dan inti sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rpp maka selanjutnya masuk kegiatan penutup yaitau evaluasi,mengevaluasi materi yang tadi sudah disamapaikan agar siswa mengingat kembali dan tidak lupa.memberikan tugas atau penugasan kepada siswa yang sesuai dengan materi tersebut dirumah masing-masing atau kelompok.
          Setelah semuanya telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang saya sudah susun dan tepat pada waktu yang ditentuka maka saya mengakhiri pertemuan pada hari itu dan menutupnya dengan membaca Alhamdulillah bersama-sama.dan mengucap salam sebelum ketika ingin keluar kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar